Contoh Bab I Karya Ilmiah Sarjana

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

           Beberapa sub pokok bahasan dalam karya ilmiah ini yakni: masalah penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, pentingnya penelitian dan sistematika pembahasan. Setiap pokok dibahas sebagai berikut.

 

A.  Latar Belakang Masalah

 

Seorang anak tidak ada atas kemuan dirinya, keberadaan anak juga tidak mutlak bergantung pada keinginan kedua orang tua, dibalik semuanya ada faktor rancangan TUHAN. Artinya sang penciptalah yang menghendaki adanya seorang anak melalui keluarga yaitu seorang suami-istri. Oleh karena itu kehadiran seorang anak dapat membahagiakan orangtua dan keluarga besar. Dalam konteks berpikir ini, seorang anak mesti dipelihara, diasuh, dan dibimbing, dengan baik dalam pengenalan akan TUHAN Allah seperti yang dinyatakkan dalam firman TUHAN.

       Akan tetapi ada anggapan bahwa anak yang masih kecil balum dapat bergaul atau mengenal Allah, disebabkan karena usia anak yang masih begitu muda (Batita), hal ini berbeda dengan pendapat Judith A. Shelly yang menyatakan bahwa, Agama dikomunikasikan dengancara yang berbeda-beda, pada tahap yang berbeda pula, sesuai dengan perkembangan individu itu sendiri...seluruh masalah keagamaan itu terdiri dari hal membukakan pintu sejak masa kanak-kanak untuk mencapai kekekalan. (Judith A. Shelly, 1982:10)  

      Dalam pengalaman di masyarakat Kristen, ada anggapan bahwa seorang anak belum mampu memahami tentang Allah. Alasan dari argumen ini yaitu anak masih kecil sehingga belum mampu mengerti secara kognitif tentang Allah. Namun anggapan ini bertentanga dengan pendapat Stenley Heath. Menurut Heath, "banyak orang tua merasa bahwa anak kecil tidak dapat mengerti Injil, tetapi sebanarnya mata dan pikiran anak sangat tajam. Oleh sebab itu, masa pendidikan anak yang terbaik dalam pembentukan karakter dalam sifat  kerohanian adalah ketika anak pada masa balita (W. Stanley Heath, 2005:20)

            Selain yang disampaikan di atas, dari sisi psikologi, pendidikan anak pada zaman dulu orang percaya bahwa setiap anak mempunyai kepribadian bawaan yang tidak dapat diubah. Bagian ini disebut dengan tempramen. Seorang anak yang memiliki tempramen pendiam tidak dapat diubah menjadi periang atau pribadi yang cepat akrab dengan orang lain. Yang dapat diubah dalam diri anak yaitu karakter atau sifat (kebiasaan).          

   Setiap anak anak diciptakan secara unik. Oleh karena itu dalam mendidik anak mesti melihat kelebihan dan kekurangan yang ada pada anak tersebut. Konsep ini diperhatikan dalam pernyataan Mary Setiawani dan Stephen Tong  (1995:4) yang menyatakan bahwa "sering kali orang memandang seorang anak dan mengukur anak dengan sudut pandang orangtua yang telah diselimuti dengan konsep ideal para orangtua. Orangtua mesti memandang anak dari garis pantul Allah; bukan dari garis lurus orangtua seperti idealitas serta konsep orangtua kepada anak.

  Berdasarkan masalah tersebut di atas, rumusan variabel penelitiannya yakni:  “Efektivitas Pendidikan Anaka Usia 0-3 tahun di …..

 

           B.       Identifikasi Masalah

Berdasarkan masalah yang telah dipaparkan di atas dapat diidentifikasi beberapa masalah, yaitu:

1. Tingkat pemahaman orangtua terhadap pendidikan anak

2. Latar belakang pendidikan orangtua terhadap pendidikan anak

3. Efektivitas Strategi Pendidikan Anak 

4. Pemahaman psikologis orangtua terhadap pendidikan anak           


C. Rumusan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah tersebut di atas perlu pembatasan.

Pembatasan itu disebabkan karena keterbatasan waktu, daya dan 

dana dalammeneliti maslah-masalah yang telah diidentifikasi. Oleh

karena itu, penelitian ini hanya dibatasi pada identivikasi masalah poin

3 yaitu tentang efektivitas pendidikan anak

  

           C.    Tujuan Penulisan

               Adapun tuuan penulisan skripsi ini adalah:

               1. Menjelaskan efektivitas pendidikan anak

               2. Menjelaskan strategi orangtua dalam mendidik Anak


 

           D.   Pentingnya Penulisan

               Penulisan skripsi ini penting karena:

               1. Memberikan    sumbangsih   bagi   pengembangan disiplin ilmu Pendidikan Agama Kristen dalam hal Pendidikan orang Dewasa dan Pendidikan Anak di Sekolah Tinggi Teologi ....

               2. Memperdalam pengetahuan penulis tentang variabel peelitian yang berguna untuk tugas pendidikan.

               3. Memberikan sumbangsih bagi orangtua dalam pendidikan anak.

                Catatab: 

Para orangtua dapat membaca buku-buku psikologi, seccara khusus perkembangan anan. Selain itu membaca buku-buku filsafat untuk melatih berpikir secara mendalam terhadap realitas pendidikan anak. Buku-buku tersebut dapat diberi online di toko-toko buku online yang bersifat nasional maupun internasional.

Transaksinya pembelian buku dapat digunakan secara online dengan sistem pembayaran online yang dikenal seperti menggunakan paypal dll.

 





0 Response to "Contoh Bab I Karya Ilmiah Sarjana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel