Contoh Bab I Karya Ilmiah Sarjana
BAB I
PENDAHULUAN
Beberapa
sub pokok bahasan dalam karya ilmiah ini yakni: masalah penelitian, rumusan
masalah, tujuan penelitian, pentingnya penelitian dan sistematika pembahasan.
Setiap pokok dibahas sebagai berikut.
A. Latar Belakang Masalah
Seorang anak tidak ada atas kemuan dirinya, keberadaan anak juga tidak mutlak bergantung pada keinginan kedua orang tua, dibalik semuanya ada faktor rancangan TUHAN. Artinya sang penciptalah yang menghendaki adanya seorang anak melalui keluarga yaitu seorang suami-istri. Oleh karena itu kehadiran seorang anak dapat membahagiakan orangtua dan keluarga besar. Dalam konteks berpikir ini, seorang anak mesti dipelihara, diasuh, dan
dibimbing, dengan baik dalam pengenalan akan TUHAN Allah seperti yang
dinyatakkan dalam firman TUHAN.
Akan
tetapi ada anggapan bahwa anak yang masih kecil balum dapat bergaul atau mengenal
Allah, disebabkan karena usia anak yang masih begitu muda (Batita), hal ini
berbeda dengan pendapat Judith A. Shelly yang menyatakan bahwa, Agama
dikomunikasikan dengancara yang berbeda-beda, pada tahap yang berbeda pula,
sesuai dengan perkembangan individu itu sendiri...seluruh masalah keagamaan itu
terdiri dari hal membukakan pintu sejak masa kanak-kanak untuk mencapai
kekekalan. (Judith A. Shelly, 1982:10)
Dalam pengalaman di masyarakat Kristen, ada anggapan bahwa seorang anak belum mampu memahami tentang
Allah. Alasan dari argumen ini yaitu anak masih kecil sehingga belum mampu mengerti secara kognitif tentang Allah. Namun anggapan ini bertentanga dengan pendapat Stenley Heath. Menurut Heath, "banyak orang tua merasa
bahwa anak kecil tidak dapat mengerti Injil, tetapi sebanarnya mata dan pikiran
anak sangat tajam. Oleh sebab itu, masa pendidikan anak yang terbaik dalam
pembentukan karakter dalam sifat kerohanian adalah ketika anak pada masa balita (W. Stanley Heath,
2005:20)
Setiap anak anak diciptakan secara unik. Oleh karena itu dalam mendidik anak mesti melihat kelebihan dan kekurangan yang ada pada anak tersebut. Konsep ini diperhatikan dalam pernyataan Mary Setiawani dan Stephen Tong (1995:4) yang menyatakan bahwa "sering kali orang memandang seorang anak dan mengukur anak dengan sudut pandang orangtua yang telah diselimuti dengan konsep ideal para orangtua. Orangtua mesti memandang anak dari garis pantul Allah; bukan dari garis lurus orangtua seperti idealitas serta konsep orangtua kepada anak.
Berdasarkan masalah tersebut di atas, rumusan variabel penelitiannya yakni: “Efektivitas Pendidikan Anaka Usia 0-3 tahun di …..
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan masalah yang telah dipaparkan di atas dapat diidentifikasi beberapa masalah, yaitu:
1. Tingkat pemahaman orangtua terhadap pendidikan anak
2. Latar belakang pendidikan orangtua terhadap pendidikan anak
3. Efektivitas Strategi Pendidikan Anak
4. Pemahaman psikologis orangtua terhadap pendidikan anak
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah tersebut di atas perlu pembatasan.
Pembatasan itu disebabkan karena keterbatasan waktu, daya dan
dana dalammeneliti maslah-masalah yang telah diidentifikasi. Oleh
karena itu, penelitian ini hanya dibatasi pada identivikasi masalah poin
3 yaitu tentang efektivitas pendidikan anak
C. Tujuan Penulisan
Adapun tuuan penulisan skripsi ini adalah:
1. Menjelaskan efektivitas pendidikan anak
2. Menjelaskan strategi orangtua dalam mendidik Anak
D. Pentingnya Penulisan
Penulisan skripsi ini penting karena:
1. Memberikan
sumbangsih bagi pengembangan disiplin ilmu Pendidikan Agama Kristen dalam hal Pendidikan orang Dewasa dan Pendidikan Anak di Sekolah Tinggi Teologi ....
2. Memperdalam pengetahuan penulis tentang variabel peelitian yang berguna untuk tugas pendidikan.
3. Memberikan sumbangsih bagi orangtua dalam pendidikan anak.
0 Response to "Contoh Bab I Karya Ilmiah Sarjana"
Post a Comment