Contoh Krangka Bab III Karya Ilmiah
Berikut ini saya memberikan krangka penelitian kualitatif dan kuantitatif. Dalam hal ini saya memberi contoh Bab III yang berhubungan dengan Metodologi Penelitian sebuah karya ilmiah. Adapun krangka penelitian yang saya maksudkan sbb.
Krangka Penelitian Kualitatif (Naturalistik untuk menemukan teori)
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Metode dan alasan penggunaan metode
1. Metode Penelitian
2. Alasan penggunaan metode
B. Tempat Penelitian
C. Instrumen Penelitian
D. Sampel Sumber Data
E. Tehnik Pengumpulan Data
F. Tehnik Analisisa Data
G. Rencana Pengujian Keabsahan Data
(1) Perpanjangan pengamatan,
(2) Meningkatkan ketekunan,
(3) Triangulasi,
(4) Diskusi dengan teman sejawat,
(5) Member check,
(6) Analisis kasus negative.
(Sugiyono, 2018: 401-402)
Krangka Penelitian Kuantitatif (Uji Teori)
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui hubungan antara Implementasi K 2013 (X) dengan Efektivitas Pembelajaran PAK (Y1).
2. Untuk mengetahui hubungan antara Implementasi K 2013(X) dan Efektivitas Pembelajaran PAK (Y) secara bersama-sama dengan Motivasi Belajar Peserta Didik (Y2).
B. Tempat dan Waktu Penelitian
1. Tempat Penelitian
Tempat penelitian untuk ini adalah Sekolah .... di …………………………..
2. Waktu Penelitian
Waktu penelitian tesis ini dilakukan penulis membutuhkan waktu sekitar 4 bulan terhitung mulai dari bulan Juli 2019 sampai bulan September 2018, sedangkan pengambilan angket dilaksanakan pada tanggal September 2018.
C. Metode Penelitian
Metode penelitian ini menggunakan teknik survei dengan pendekatan korelasional yaitu penelitian untuk mengetahui hubungan dua atau lebih variabel-veriabel terkait. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yang dilaksanakan melalui survei. Pengumpulan data di lapangan menggunakan teknik kuisioner yang disusun berdasarkan indikator-indikator yang ada dalam variabel penelitian.
Data mengenai Implementasi K2013, Efektivitas Pembelajaran PAK didapat dari hasil responden yaitu peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri …..Tahun Ajaran 2017/2018.
D. Rancangan Penelitian
Rancangan penelitian korelasionalantar variabel Implementasi K2013, Efektivitas Pembelajaran, dapat dibuat dalam bentuk bagan sebagai berikut:
E. Variabel Penelitian
Dalam penelitian ini ada dua variabel, yakni:
1. Variabel Bebas
Implementasi Kurikulum 2013 sebagai variabel bebas (X).
2. Variabel Terikat
Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen(Y).
Krangka Penelitian Kualitatif (Naturalistik untuk menemukan teori)
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Metode dan alasan penggunaan metode
1. Metode Penelitian
2. Alasan penggunaan metode
B. Tempat Penelitian
C. Instrumen Penelitian
D. Sampel Sumber Data
E. Tehnik Pengumpulan Data
F. Tehnik Analisisa Data
G. Rencana Pengujian Keabsahan Data
(1) Perpanjangan pengamatan,
(2) Meningkatkan ketekunan,
(3) Triangulasi,
(4) Diskusi dengan teman sejawat,
(5) Member check,
(6) Analisis kasus negative.
(Sugiyono, 2018: 401-402)
Krangka Penelitian Kuantitatif (Uji Teori)
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui hubungan antara Implementasi K 2013 (X) dengan Efektivitas Pembelajaran PAK (Y1).
2. Untuk mengetahui hubungan antara Implementasi K 2013(X) dan Efektivitas Pembelajaran PAK (Y) secara bersama-sama dengan Motivasi Belajar Peserta Didik (Y2).
B. Tempat dan Waktu Penelitian
1. Tempat Penelitian
Tempat penelitian untuk ini adalah Sekolah .... di …………………………..
2. Waktu Penelitian
Waktu penelitian tesis ini dilakukan penulis membutuhkan waktu sekitar 4 bulan terhitung mulai dari bulan Juli 2019 sampai bulan September 2018, sedangkan pengambilan angket dilaksanakan pada tanggal September 2018.
C. Metode Penelitian
Metode penelitian ini menggunakan teknik survei dengan pendekatan korelasional yaitu penelitian untuk mengetahui hubungan dua atau lebih variabel-veriabel terkait. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yang dilaksanakan melalui survei. Pengumpulan data di lapangan menggunakan teknik kuisioner yang disusun berdasarkan indikator-indikator yang ada dalam variabel penelitian.
Data mengenai Implementasi K2013, Efektivitas Pembelajaran PAK didapat dari hasil responden yaitu peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri …..Tahun Ajaran 2017/2018.
D. Rancangan Penelitian
Rancangan penelitian korelasionalantar variabel Implementasi K2013, Efektivitas Pembelajaran, dapat dibuat dalam bentuk bagan sebagai berikut:
E. Variabel Penelitian
Dalam penelitian ini ada dua variabel, yakni:
1. Variabel Bebas
Implementasi Kurikulum 2013 sebagai variabel bebas (X).
2. Variabel Terikat
Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen(Y).
0 Response to "Contoh Krangka Bab III Karya Ilmiah"
Post a Comment