Menulis KI Berdasarkan Gaya Turrabian atau Chicago Manual Style

Menulis Karya Ilmiah (KI) Berdasarkan Gaya Turrabian atau Chicago Manual Style
Di dunia akademis, perkembang beberapa gaya atau model penulisan sitasi atau pengutipan dari sumber yang menjadi referensi isi karya ilmiah kita. Salah satunya yaitu Turrabian Style atau Chicago Manual Style. Gaya Turrabian sama dengan yang ditulis oleh Katte L. Turabian. Cirikhas dari sitasi gaya Turrabian yaitu penempatan nomor pada bagian akhir kutipan dan catatan kaki atau footnotes pada bagian bawah halaman yang memuat kutipan. Selanjutnya dalam setiap akhir bab akan dituliskan seluruh daftar referensi dalam bab itu dalam endnotes.
Sekarang perhatikan cara penulisan footnotes dan end notes gaya CMS-Turabian, yaitu dimulau dengan: Nama Penulis, judul buku, edisi (penerjemah. Nama penerjemah), (kota penerbit, titik dua dan tahun terbit) serta halaman kutipan.

Contoh
Berikut saya memberi contoh footnote berdasarkan Turrabian Style. Artinya bila seseorang menulis karya ilmiah dengan mengacu pada cara menulis sumber kutipan dari buku-buku yang dibaca maka cara membuat sitasi adalah dalam bentuk footnote. Letak footnote biasanya pada halaman di mana sebuah kutipan diambil. Nomorisasi footnote didasarkan atau diurutkan berdasarkan Bab. Artinya bila daman sebuah Bab ada 20 kutipan maka nomorisasi footnote dimulai dari 1 sampai 20, selanjutnya untuk bab berikutnya kembali pada angka satu. Demikian seterusnya untuk bab-bab selanjutnya, bila ada kutipan. Contoh footnotes Turrabian Style sbb:

1John Muanley, Karya Ilmiah Teologi Kristen (Jakarta : Konabo, 2020), 80
2Yonas Muanley, Kurikulum dalam Alkitab dan Alkitab dalam Kurikulum (Jakarta : Shalom, 2020), 20.
3John Muanley, Karya Ilmiah Teologi Kristen (Jakarta : Konabo, 2020), 80
4Yonas Muanley, Metodologi Penelitian Kualitatif (Jakarta : Shalom, 2020), 24.
5Nikodemus Muanley, Metodologi Penelitian Kualitatif (Jakarta : Shalom, 2020), 29.
6Musa Malaikari, Metodologi Penelitian (Jakarta : Shalom, 2019), 49.

Cara menulis daftar pustaka berdasarkan gaya Turrabian yaitu
Tulis nama Marga/keluarga besar atau nama belakang, nama depan atau nama kecil, judul buku dan volume (jika ada), kota penerbit, dan tahun

Contoh
Muanley, Lukas. Panggilan Abraham ke Kanaan (Jakarta : Shalom, 2019), 29




0 Response to "Menulis KI Berdasarkan Gaya Turrabian atau Chicago Manual Style"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel