Menjadikan Hobi Menjadi Sumber Rejeki

Penulisan ini menjadi sebuah contoh karya ilmiah dengan judul: "Menjadikan Hobi Menjadi Sumber rejeki atau Penghasilan". Selanjutnya dalam penulisan karya ilmiah ini diberikan contoh BAB I dari karya ilmiah yang sumber referensinya seluruhnya dimabil dari internet yaitu dari blog Yonas Muanley. Cara penulisan sumber yang diambil dari internet seperti dari blog. Sumber citasinya menggunakan catatan kaki atau gaya penulisan Chicago. Selanjutnya karena dalam postingan ini seluruh sumber referensi yang dijadikan contoh bagaimana mengutip atau citasi dari internet diambil dari blog saya yang berbasis free dari blogspot dan Youtube. Silakan ikuti contoh metode penulisan karya ilmiah, khususnya Bab I sbb:

BAB I
PENDAHULUAN

Bab ini berisi pokok-pokok pembahasan: latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan dan pentingnya penulisan. Setiap pokok dalam bab pendahuluan ini dijelaskan sebagai berikut:

A. Latar Belakang Masalah

Masalah penelitian yang dimaksud disini yaitu perbedaan antara apa yang tertulis dengan yang dipraktikkan, atau antara teori dan praktik. Berdasarkan paradigm ini yang menjadi masalah penulisan ini yakni setiap orang memiliki hobi, hobi tersebut berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Hobi-hobi demikian menjadi peluang yang sangat baik, khususnya dalam perkembangan digital pada masa kini dan masa yang akan datang. Kemajuan perkembangan teknologi internet ini kemudian disebut dengan era disrubsi, suatu era di mana segalanya internet.

Era disrubsi sebagaimana yang disebutkan di atas, menjadi sebuah tantangan dan peluang. Tantangan bila pribadi-pribadi yang berada dan berkarya masa kini tidak memanfaatkan internet secara baik maka akan tertinggal bahkan bisa lenyap atau dalam bidang usaha bisa disebut bangkrut. Misalnya dalam bidang transportasi, ada yang disebut ojek. Kehadiran ojek memang menawarkan jasa transportasi yang praktis dan efektif dalam segi waktu sampai di tempat tujuan. Dengan perkembangan internet, ada yang memanfaatkan teknologi internet untuk menyediakan jasa layanan transportasi ojek online. Kehadiran ojek online demikian menjadi sebuah contoh bagaimana pribadi-pribadi memanfaatkan teknologi internet. Intinya perkembangan teknologi internet memudahkan setiap orang melakukan sesuatu yang bernilai tambah, khususnya mengubah hobi menjadi sumber penghasilan tambahan.

Upaya mengubah hobi menjadi sumber penghasilan ditopang oleh berbegai fasilitas internet seperti teknologi website, khususnya teknologi website yang berbasis blog. Ada berbagai platform blog seperti blogger dengan blogspot, wordpress, kompasiana, dan blog yang bertebaran di internet. Blog ini sifatnya free atau gratis. Blog-blog ini dapat dimanfaatkan untuk mempublikasi hobi seperti menulis, memposting foto, video yang isinya berhubungan dengan apa yang dilakukan seseorang. Untuk yang senang menulis seperti pemilik blog Rubrik Adsense , teori efektivitas , liturgika , filsafat ilmu , rubric tiket, kantor 132 , bisnis online 13265 , dll, blog-blog ini dapat menjadikan blog untuk menulis tentang apa yang hendak ditulis dan berhubungan dengan hobinya. Sementara yang suka video, dapat merekam sebuah materi seperti kegiatan mengajar, memberi kursus, membuat video motivasi, video-video ini dapat dimuat dalam Youtube.

Memanfaatkan blog dan video memang membutuhkan belajar. Ada yang mudah tetapi ada yang sedikit rumit. Misalnya dalam membuat blog dan memposting tulisan. Ada blog yang cara membuatnya tidak rumit, ia sederhana dan pemilik blog memiliki kebebasan untuk menata tampilan blog dengan template bawaan maupun yang diambil dari template blogger seperti yang ada dalam blogspot. Membuat blo dengan blogger memang tidak terlalu sulit, ia sangat parkatis bahkan setelah membuat blog, pemilik blog dapat mengubah blognya dengan tampilan yang lebih professional yaitu dengan menggunakan desain template yang membuat tampilan blog nampak seperti blog berbayar.

Selanjutnya apakah blog-blog dan video yang dimaksud di atas dapat dijadikan sebagai sumber rejeki? Jawabannya tentu bisa. Blog walaupun gratis dapat dimonetisasi menjadi sumber rejeki. Sumber rejeki tersebut diperoleh dari upaya pemilik blog mendaftarkan ke Google Adsense.

B. Identifikasi Masalah

1. Sejauh mana setiap orang menghargai hobinya dan memanfaatkan hobi untuk menjadi sumber rejeki tambahan
2. Ada banyak hobi yang dapat dituangkan dalam bentuk tulisan dan dipublikasikan di blog
3. Beberapa hobi seperti membuat video dengan mengunakan handphone kurang dimaksimalkan untuk menjadi nilai tambah
4. Mengubah hobi menjadi sumber penghasilan melalui blog

C. Batasan Masalah

Berdasarkan paparan masalah, diidentifikasi 4 masalah. Masalah-masalah tersebut tidak dapat diselesaikan secara baik dalam penelitian ini. Hal ini disebabkan karena keterbatasan waktu, tenaga dan biaya. Oleh karena itu perlu ada batasan. Batasan tersebut difokuskan pada poin ke-4 yaitu “Mengubah hobi menjadi sumber rejeki melalui blog”

D. Rumusan Masalah

Demi ter-arahnya penelitian ini maka penelitian ini memiliki pertanyaan pengarah yaitu bagaimana “menjadikan hobi menjadi sumber rejeki melalui blog”

E. Tujuan Penulisan

Menganalisis upaya “Menjadikan hobi menjadi sumber rejeki melalui blog”

F. Pentingnya Penulisan

Penulisan topic ini memiliki beberapa kemanfaatan, yaitu:
1. Menolong pembaca dapat memanfaatkan hobinya secara baik
2. Menolong pembaca menyalurkan hobinya melalui blog
3. Memonetisasi blog menjadi sumber rejeki

Catatan:

Saya sudah membuat catatan kaki tetapi waktu memposting tidak muncul. gantinya saya membuat link ke blog yang saya maksud. Namun untuk contoh citasi maka saya cantumkan catatan kaki dalam tangkapan layar dan memposting disini. Catatan kakinya tidak termasuk dengan sumber dari alamat blog ini yang saya cantumkan pada bagian terakhir. Ini hanya untuk menolong mengenali tangkapan layar dari postingan untuk blog ini sehingga bila ada yang kopi paste maka segera diketahui bahwa tangkapan layar itu milik saya di laman blog ini. Berikut tangkapan layar untuk catatan kaki yang saya maksudkan:


Berdasarkan tangkapan layar di atas, catatan kaki dimulai pada aline ke-3 dari kata upaya dan seterusnya. Dalam alinea tersebut saya memberi nomorisasi catatan kaki seperti yang nampak di atas.

Salam
Yonas Muanley (Maret 2020)

0 Response to "Menjadikan Hobi Menjadi Sumber Rejeki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel