Metode Menulis KI dengan Metode APA

Penulisan karya ilmiah tidak dapat dihindari dalam dunia akademis. Dunia akademis yang saya maksud yakni ketika seseorang memasuki dunia perguruan tinggi berbentuk universitas, institut, dan sekolah tinggi selalu berhadapan dan menggunakan metode-metode penulisan karya ilmiah. Dalam hal ini, penulisan karya ilmiah yang dimaksud disini meliputi: penulisan referensi. Selain untuk memperkuat ide yang kita tulis, juga untuk menghindari tudingan plagiarisme. Dengan demikian kini hadir banyak style penulisan referensi di dunia akademik. Seperti IEEE, Chicago, MLA, dll. Pada tulisan ini hanya satu yang akan dijelaskan, yakni style MLA (Modern Language Association of America).

Penulisan referensi MLA biasanya digunakan untuk penulisan paper dalam ilmu sosial. Berikut tata cara penulisan referensi untuk buku, artikel, dan sumber online. Pada penjelasan kali ini saya membahas tentang metode seperti yang dimaksud dalam judul karya ilmiah tersebut di atas. Metode Penulisan Karya Ilmiah Model APA Apa itu APA? APA adalah singkatan dari American Psychological Association. Tentu metode penulisan karya ilmiah ini dipakai dalam dunia Psychologi. Mereka yang berkecimpung dalam dunia akademis pada konsentrasi psikologi selalu menggunakan mode APA. Dalam penulisan ilmiah di dunia akademis dalam bidang psykology, para civitas akademika pasti menggunakan model APA dalam menulis karya ilmiah yang meliputi paper, makalah, skripsi, tesis dan disertasi. Menurut metode American Psychological Association, dalam penulisan ilmiah di bidang psikologi, pasti merujuk pada buku-buku yang isinya berhubungan topik yang sedang diteliti. Untuk itu, biasanya ada kutipan kutipan yang diambil dari buku-buku yang dibaca, cara mengutip isi buku-buku juga berbeda dengan metode non APA.

Dalam metode APA, mengenal kutipan langsung dan tidak langsung. Kutipan langsung adalah ide atau konsep orang lain yang dikutip dengan menggunakan kata-kata penulis atau peneliti. Sedangkan kutipan langsung adalah ide atau konsep orang lain yang disalin sesuai aslinya. Bila membaca buku dan mengutip untuk keperluan karyta ilmiah seperti skripsi, tesis dan disertasu maka mesti diingat bahwa pada format APA, kutipan tidak langsung dituliskan dalam kalimat/teks dengan mencantumkan nama pengarang dan tahun penerbitan buku, tanpa menuliskan halaman yang dikutip

Bila membaca buku dan mengutip untuk keperluan karyta ilmiah seperti skripsi, tesis dan disertasu maka mesti diingat bahwa pada format APA, kutipan tidak langsung dituliskan dalam kalimat/teks dengan mencantumkan nama pengarang dan tahun penerbitan buku, tanpa menuliskan halaman yang dikutip. Cara menulis nama penulis buku, yaitu nama penulis disebutkan dalam kalimat. Contoh Yonas Muanley (2020) artikel ilmiah adalah ... Dalam 2020 Yonas Muanley menyatakan perkembangan belajar peserta didik dipengaruhi faktor lingkungan keluarga ... Nama penulis tidak disebutkan dalam kalimat Pembelajaran efektif adalah pembelajaran yang berhasil mencapai tujuan pembelajaran (Yonas Muanley, 2019)

0 Response to "Metode Menulis KI dengan Metode APA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel