Format Penulisan Karya Ilmiah

PENDAHULUAN, PEMBAHASAN DAN KESIMPULAN. Menulis pada tataran ilmiah biasanya dilakukan oleh masyarakat ilmiah seperti mahasiswa, dosen dan para peneliti mandiri maupun peneliti yang mendapat tugas dari lembaga tertentu. Dalam bahasan ini, format penulisan karya ilmiah yang hendak disampaikan berupa ulasan yang bersifat umum untuk 3 unsur dalam format karya ilmiah, yaitu Pendahuluan, Pembahasan dan Kesimpulan.

Pada mahasiswa baru, format yang disebutkan di atas dapat dipakai untuk membuat paper yang ditugaskan oleh setiap dosen mata kuliah. Biasanya setiap perguruan tinggi telah memiliki format penulisan karya ilmiah seperti paper, makalah, skripsi, tesis dan disertasi. Untuk penulisan ini, hanya pada karya ilmiah untuk tugas mahasiswa seperti membuat paper dan makalah.

Tiga unsur yang saya sebutkan di atas mesti ada dalam sebuah karya ilmiah seperti paper. Misalnya ketika saya memberikan kuliah Etika Kristen di sebuah Universitas Kristen, saya menganjurkan kepada mahasiswa untuk membuat tugas mereka dengan format: PENDAHULUAN, PEMBAHASAN dan KESIMPULAN serta Daftar Pustaka.

Dalam sebuah paper, pendahuluan berisi pernyataan mahasiswa yang sifatnya mengantar pembaca masuk dalam pokok pembahasan akan judul yang hendak dibahas dalam paper tersebut. Ada pula yang membuat beberapa sub dalam pendahuluan seperti: Latar masalah, Identifikasi masalah, Rumusan Masalah dan Tujuan Penulisan serta Sistematika penulisan. Untuk ini ya silakan saja bila hendak membiasakan sebuah kebiasaan ilmiah menuju pada penulisan skripsi, tesis dan disertasi. Namun bila hanya menjelaskan beberapa pokok pikiran yang dituangkan dalam pendahuluan, itupun sudah bagus.

PEMBAHASAN

Dalam pembahasan, mahasiswa dapat membahas judul paper atau judul tugas yang diberi oleh dosen dengan mengembangkannya dalam beberapa sub pokok bahasan. Misalnya judul yang diberi yaitu "Aku dan Keluargaku". Maka sub pokok bahasan yang dapat dikemukakan dalam bab Pembahasan dapat dibuat seperti berikut.

1. Pengertian Aku dan Keluarga

2. Aku dan Keluarga

Kedua pokok di atas dibahas secara terperinci. Bila dosen menentukan jumlah kata antara 500 - 1500 kata maka bahaslah topik aku dan keluargaku dalam jumlah kata sebagaimana yang diminta. Kira-kira 2 halaman. Namun jika tidak ditentukan halaman maka Anda dapat membuat sesuai kemampuan Anda.

KESIMPULAN

Setelah melakukan pembahasan maka pada kesimpulan buatlah sebuah kesimpulan yang tersimpul dari uraian di bab pembahasan. Kesimpulan dapat dilakukan dalam satu atau dua alinea. 

0 Response to "Format Penulisan Karya Ilmiah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel